Notice - Lihat Pengumuman Pemenang Event Jepret Beranda BAGAS31.com
Halo Sobat!, Members Area : Daftar - Masuk · Pasang Iklan · Peta Situs

Ini Alasan Kenapa Saya Berhenti Menggunakan Software Bajakan

Written By Unknown on Rabu, 29 Oktober 2014 | 01.27


Software Original



Sebagai seorang blogger pastinya tidak bisa lepas dari penggunaan berbagai macam software yang terinstal di laptop maupun komputer.



Banyak sekali jenis-jenis software yang dapat digunakan untuk menunjang aktivitas ngeblog, dari yang gratis sampe yang bebayar, dari yang original sampai yang bajakan.



Nah berbicara tentang software bajakan, kali ini saya ingin berbagi sedikit cerita tentang kenapa saya berhenti menggunakan software bajakan.



Jujur waktu pertama kali saya membeli laptop, saya sama sekali tidak mempedulikan apakah software yang saya gunakan itu original atau bajakan. Yang saya pikirkan adalah saya bisa ngeblog dengan nyaman dan tentram.



Tapi seiring dengan berjalannya waktu saya sadar jika ternyata penggunaan software bajakan adalah hal yang tidak seharusnya saya lakukan.



Semenjak itu saya sedikit demi sedikit mencoba untuk meninggalkan software bajakan. Memang pertama mencoba terasa sangat sulit karena sudah terlanjur memiliki ketergantungan dengan software-software tersebut. Namun berkat niat yang kuat Alhamdulillah saya bisa melakukannya.



Kenapa kok saya berhenti menggunakan software bajakan? Kalo ada yang gratis ngapain harus bayar? goblok lu!






Alasan berhenti menggunakan Software bajakan




Berikut ini adalah alasan-alasan kenapa saya berhenti menggunakan software bajakan :






Menggunakan Software bajakan adalah mencuri



Yang satu ini seharusnya semua orang sudah tahu bahwa menggunakan software bajakan itu sama halnya dengan tindakan mencuri.



Seperti yang sudah saya sebutkan di atas bahwa saya ingin ngeblog dengan nyaman dan tentram. Bagaimana saya bisa nyaman dan tentram jika apa yang saya gunakan untuk ngeblog adalah barang curian?






Saya ngeblog untuk mencari uang


Jika saya menggunakan komputer saya untuk kegiatan yang tidak penting dan hanya untuk iseng belaka mungkin saya tidak akan peduli apakah software yang saya gunakan bajakan atau bukan.



Namun karena komputer yang saya gunakan untuk keperluan ngeblog sambil mengais sedikit rupiah dari blog, maka saya lebih memilih untuk meninggalkan software bajakan agar uang yang saya dapatkan lebih berkah dan saya dapat menikmati uang tersebut dengan hati yang adem.






Ingin berbeda dari yang lain


Alasan lain adalah karena saya tidak ingin mengikuti kebiasan orang menggunakan software bajakan, saya ingin berbeda.



Tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan software bajakan sudah bisa dibilang sebagai hal yang wajar oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Tidak heran jika Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah pengguna software bajakan terbanyak.



Apa iya kita harus mengikuti kebiasan orang hanya karena hal tersebut sudah dianggap wajar? Kalau kebiasan tersebut adalah kebiasaan yang baik sih tidak masalah, tapi apakah mencuri itu baik?






Tidak dihargai Itu rasanya menyakitkan




Alasan paling kuat yang membuat saya sadar dan berhenti menggunakan software bajakan adalah karena saya sudah merasakan sendiri bagaimana rasanya hasil karya kita tidak dihargai dengan cara dibajak.



Semenjak saya menjual template blogger di blog ini banyak sekali blogger-blogger yang seenak wudel membajak template blog saya dan menyebarkannya secara gratis.



Tahu tidak rasanya bagaimana? Sakitnya tuh DI SINI!!!






Sakitnya tuh DI SINI
Sakitnya tuh DI SINI







Nah itulah kira-kira beberapa alasan yang membuat saya memutuskan untuk berhenti menggunakan software bajakan.






Tips berhenti menggunakan Software bajakan


Setelah di atas saya tulisakan alasan-alasan kenapa saya berhenti menggunakan software bajakan, di bawah ini akan saya bagikan sedikit tips buat sobat yang mungkin ingin mengikuti apa yang sudah saya lakukan.






Yang penting niat



Hal pertama yang paling penting adalah niat. Jika kita sudah memiliki niat maka saya yakin jalan yang akan kita lalui kedepan bakalan lebih mudah.








Memulai sedikit demi sedikit



Jika sobat ingin berhenti menggunakan software bajakan maka tidak harus dengan cara menguninstall semua software yang ada di komputer sobat. Karena cara tersebut menurut saya tidak efektif.





Mulailah sedikit demi sedikit. Uninstall software-software bajakan yang tidak benar-benar dibutuhkan terlebih dahulu.








Gunakan Software Open Source


Sembari menggunakan software yang masih bajakan, berusahalah untuk mencari software-software alternatif yang bersifat Open Source. Kebanyakan software Open Source adalah gratis alias tidak perlu membeli.



Berikut adalah daftar software-software Open Source dan juga gratis yang bisa sobat gunakan :




  • Linux Ubuntu (alternatif OS Windows)

  • GIMP (alternatif Adobe Photoshop)

  • Inkscape (alternatif Corel Draw/Adobe Illustrator)

  • LibreOffice (alternatif Microsoft Office)

  • 7-zip (alternatif WinRar)

  • dan masih banyak lagi...







Membeli Software original tidak akan pernah rugi




Kebanyakan alasan orang menggunakan software bajakan adalah karena harganya yang mahal. Padahal jika kita mau mengeluarkan uang untuk membeli software original kita tidak akan rugi, malah sebaliknya.



Mahalnya software-software tersebut itu sebanding dengan manfaat yang bisa kita dapatkan. Jangan sombong dengan hanya menginginkan manfaatnya saja.



Belilah software yang benar-benar menjadi kebutuhan utama terlebih dahulu. Biasanya yang paling umum adalah Sistem Operasi Windows.






Kesimpulan



Mau menggunakan bajakan atau tidak tentunya itu semua tergantung dari pripadi masing-masing. Di sini saya tidak memaksa sobat untuk tidak lagi menggunakan software bajakan. Tapi tentu saya akan senang jika ada dari sobat yang mau mengikuti apa yang sudah saya lakukan.





Kurang lebihnya saya mohon maaf. Mudah-mudahan ada manfaat yang dapat diambil dari postingan ini. Terima kasih.







Kirim Update Software Terbaru Untuk
Sobat BAGAS31 Langsung ke Email Sobat !


Privacy guaranteed. We'll never share your info.

L a i n n y a

0 komentar:

Posting Komentar

Next previous home